Klik Donk ===>

Akuntansi Biaya Bab 1

BAB I
AKUNTANSI BIAYA DAN
PENGERTIAN BIAYA


A. PENGERTIAN AKUNTANSI BIAYA
Akuntansi secara garis besar dapat dibagi menjadi dua tipe, yaitu akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Akuntansi keuangan merupakan proses pencatatan, penggolongan, peringkasan dan penyajian dari suatu transaksi keuangan suatu badan usaha dengan cara yang sistematis, serta penafsiran terhadap laporan keuangan yang dihasilkan. Tujuan akuntansi keuangan adalah sebagai alat bantu untuk menjalankn fungsi manajemen, sebagai alat komunikasi dan pertanggungjawaban manajemen kepada berbagai pihak yang memerlukan laporan keuangan sesuai dengan kepentingannya masing-masing. Laporan keuangan yang dihasilkan oleh akuntansi keuangan terutama digunakan oleh manajemen puncak dan pihak ekstern perusahaan.
Keterbatasan akuntansi keuangan bagi manajemen terutama untuk perusahaan manufaktur adalah :
1. dalam penentuan harga pokok produksi berbagai jenis produk / jasa yang dihasilkan yang dihasilkan perusahaan, oleh akuntansi kaeuangan hanya dapat diperoleh data total biaya produksi, tidak ada perincian biaya setiap jenis produk / jasa tersebut.
2. dalam penyusunan perencanaan dan pengendalian biaya , akuntansi keuangan tidak dapat menyusun perencanaan dan pengendalian biaya secara teliti dan tepat.
3. dalam pengambilan keputusan yang berhubungan dengan biaya, akuntansi keuangan hanya bisa memprediksi transaksi keuangan perusahaan yang bersumber dari data keuangan historis seingga kurang relevan untuk pengambilan keputusan untuk masa yang akan datang.
Akuntansi manajemen merupakan jenis akuntansi yang mengidentifikasikan, mengumpulkan, mengukur, mengklasifikasikan dan melaporkan informasi keuangan yang berguna bagi manajemen dalam perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan.
Akuntansi biaya merupakan bagian dari kedua tipe akuntansi tersebut diatas. Akuntansi biaya merupakan alat manajemen dalam memonitor dan erekam transakasi biaya secara sistematis serta menyajikan informasi biaya dalam bentuk laporan biaya.
Pada awalnya akuntansi biaya ditujuakan untuk penentuan harga pokok produk/ jasa yang dihasilkan suatu perusahaan, terutama pada perusahaan manufaktur. Akan tetapi dengan semakin pentingnya biaya non produksi ( biaya komersial, yaitu biaya adminstrasi umum dan biaya pemasaran ) akuntnasi biaya saat ini ditujukan untuk menyajikan informasi biaya bagi manajemen baik biaya produksi maupun biaya non produksi ( komersial).
Tujuan atau manfaat akuntansi biaya adalah menyediakan informasi yang diperlukan manajemen dalam mengelola perusahaan. Informasi biaya ini diperlukan oleh manajemen dalam :
1. perencanaan dan pengendalian biaya
2. penentuan harga pokok produk / jasa yang dihasilkan perusahaan
3. pengambilan keputusan yang berhubungan dengan biaya.

B. PENGERTIAN BIAYA
Pengertian biaya secara luas adalah suatu pengorbanan sumber ekonomi yang diukur dalam satuan mata uang yang telah terjadi atau yang kemungkinan akan terjadi untuk tujuan tertentu. Sedangkan dalam pengertian sempit, biaya adalah harga perolehan yang dikorbankan/ digunakan dalam rangka memperoleh penghasilan (revenues) dan akan dipakai sebagai pengurang penghasilan.
Biaya dapat digolongkan atas dasar tujuan yang hendak dicapai dalam penggolongan tersebut atau dikenal dengan istilah different costs for different purposes. Beberapa cara penggolongan yang sering dilakukan adalah :
1. penggolongan biaya sesuai dengan fungsi pokok dari kegiatan perusahaan
Dalam perusahaan manufaktur, fungsi pokok dari kegiatan perusahaan adalah fungsi produksi, fungsi pemasaran, fungsi administrasi umum dan fungsi keuangan. Oleh karena itu biaya dapat dikelompokkan menjadi :
a. biaya produksi yaitu semua biaya yang berhubungan dengan fungsi produksi / kegiatan pengolahan bahan baku menjadi produk selesai. Biaya produksi terdiri atas :
- Biaya bahan baku yaitu harga perolehan bahan baku yang dipakai dalam produksi
- Biaya tenga kerja langsung yaitu balas jasa yang diberikan kepada karyawan pabrik yang manfaatnya dapat diidentifikasikan / diikuti jejaknya pada produk tertentu yang dihasilkan oleh perusahaan.
- Biaya overhead pabrik adalah biaya produksi selain biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung. Elemen biaya overhead pabrik diantaranya adalah biaya bahan penolong, biaya tenaga kerja tidak langsung, biaya penyusutan dan amortisasi aktiva tetap pabrik, biaya reparasi dan pemeliharaan aktiva tetap pabrik, biaya listrik dan air, biaya asuransi pabrik dan lain-lain.
b. Biaya pemasaran, adalah biaya yang terjadi dalam rangka memasarkan produk selesai sampai dengan pengumpulan piutang menjadi kas. Yang termasuk biaya pemasaran adalah biaya promosi, biaya angkut dari gudang perusahaan ke gudang pembeli, gaji karyawan pemasaran, biaya sample/ contoh, biaya penagihan, biaya kerugian piutang dan lain-lain.
c. Biaya administrasi dan umum adalah biaya yang berhubungan dengan fungsi administrasi umum, seperti : biaya gaji pimpinan, biaya personalia, biaya pemeriksaan akuntansi , biaya fotocopy dan lain-lain.
Jumlah biaya pemasaran dan administrasi umum sering disebut dengan istilah biaya komersial.
d. Biaya keuangan adalah semua biaya yang terjadi dalam melaksanakan fungsi keuangan perusahaan, seperti biaya bunga dan lain-lain.

2. Pengolongan biaya sesuai dengan sesuatu yang dibiayai
a. Biaya langsung ( direct cost )
adalah biaya yang terjadinya/ manfaatnya dapat diidentifikasikan kepada obyek / sesuatu yang dibiayai. Biaya produksi langsung terdiri atas biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung.
b. Biaya tidak langsung ( indirect cost )
adalah biaya yang terjadinya / manfaatnya tidak dapat diidentifikasikan kepada obyek tertentu yang dibiayai atau biaya yang manfaatnya dinikmati oleh beberapa obyek. Biaya produksi tidak langsung adalah biaya overhead pabrik ( factory overhead cost ).

3. Penggolongan biaya sesuai dengan tendensi perubahannya terhadap aktivitas/ volume kegiatan perusahaan
a. Biaya tetap ( fixed cost )adalah biaya yang mempunyai karakterisitk :
- Biaya yang jumlah totalnya tetap konstan tidak dipengaruhi oleh perubahan volume kegiatan atau aktivitas sampai dengan tingkatan tertentu.
- Biaya per unit (unit cost) berubah berbanding terbalik dengan perubahan volume kegiatan.
Contoh biaya tetap : gaji direktur, biaya penyusutan, biaya asuransi dan lain-lain.
b. Biaya variabel (variable cost ) adalah biaya yang mempunyai karakteristik
- jumlah totalnya berubah secara sebanding dengan perubahan volume kegiatan.
- biaya per unitnya tetap konstan, tidak dipengaruhi oleh perubahan volume kegiatan perusahaan.
Contoh biaya variabel adalah biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung.
c. Biaya semivariabel adalah biaya yang mempunyai karakteristik :
- biaya yang jumlah totalnya berubah sesuai dengan perubahan volume kegiatan tetapi tidak sebanding.
- biaya per unitnya berubah secara terbalik dengan perubahan volume kegiatan tetapi tidak sebanding.
Biaya semivariabel mengandung unsur biaya tetap dan biaya variabel. Dengan menggunakan metode tertentu, biaya semivariabel ini dapat dipisahkan antara biaya tetap dan biaya variabelnya.

4. Penggolongan biaya sesuai dengan periode akuntansi pembebanan biaya
a. pengeluaran modal ( capital expenditure ) adalah pengeluaran yang akan dapat memberi manfaat untuk beberapa periode akuntnasi. Biasanya berupa pengeluaran dalam rangka perolehan aktiva.
b. pengeluaran penghasilan adalah pengeluaran yang akan memberikan manfaat hanya pada periode akuntansi dimana pengeluaran itu terjadi.

5. Penggolongan biaya sesuai dengan tujuan pengambilan keputusan
a. biaya relevan ( relevant cost ) adalah biaya yang akan memepengaruhi pengambilan keputusan. Oleh karena itu biaya tersebut harus diperhitungkan dalam pengambilan keputusan.
b. biaya tidak relevan adalah biaya yang tidak mempengaruhi pengambilan keputusan. Oleh karena iu biaya ini tidak perlu diperhitungkan dalam pengambialn keputusan.
Contoh pengambilan keputusan manajemen antara lain : membeli atau memproduksi sendiri bagian suatu produk, menerima atau menlak pesanan khusus, mengganti atau tetap memakai mesin lama, penentuan harga jual dan lain-lain.
LATIHAN SOAL
1. Informasi berikut ini berkaitan dengan biaya produksi dari PT “Qonitat”
Biaya bahan baku Rp. 25.000.000,00
Biaya bahan penolong 5.000.000,00
Biaya tenaga kerja langsung 30.000.000,00
Biaya tenaga kerja tidak langsung 4.000.000,00
Biaya overhead pabrik ( selain biaya bahan penolong dan
Biaya tenaga kerja tidak langsung ) 15.000.000,00
Dari data tersebut diatas, hitunglah :
a. biaya prima
biaya prima = biaya bahan baku + biaya tenaga kerja langsung
= Rp. 25.000.000,00 + Rp. 30.000.000,00
= Rp. 55.000.000,00
b. biaya konversi
biaya konversi = biaya tenaga kerja langsung + biayaoverhead pabrik
= Rp. 30.000.000,00 + ( Rp. 5.000.000,00 + Rp. 4.000.000,00 + Rp. 15.000.000,00 )
= Rp. 54.000.000,00
c. biaya produksi
biaya produksi = biaya bahan baku + biaya tenaga kerja langsung + biaya overhead pabrik
= Rp. 25.000.000,00 + Rp. 30.000.000,00 + Rp. 24.000.000,00
= Rp. 79.000.000,00

2. PT “ Musthofa” merupakam sebuah perusahaan yang memproduksi barang- barang dari perak. Berikut ini adalah informasi biaya dan produksi untuk tahun yang berakhir pada tanggal 31 Desember 200X :
- pemakain bahan Rp. 82.000.000,00. Dari jumlah tersebut Rp. 78.000.000,00 merupakan pemakaian bahan baku.
- biaya tenaga kerja pabrik Rp. 71.500.000,00. Dari jumlah tersebut Rp. 12.000.000,00 merupakan biaya tenaga kerja tidak langsung
- biaya overhead pabrik untuk depresisi gedung pabrik Rp. 50.000.000,00
- biaya penjualan dan administrasi Rp. 62.700.000,00
- produk selesai sebanyak 20.000 unit
- penjualan 15.000 unit
- tidak ada persediaan barang dalam proses awal maupun akhir periode.
Dari data-data tersebut diatas, hitunglah :
a. biaya prima
b. biaya konversi
c. biaya produksi
d. biaya periodik/ biaya komersial
e. biaya produksi langsung
f. biaya produksi tidak langsung
g. harga pokok penjualan.

sumber : http://azmifitriati.blogspot.com/2010/03/akuntasi-biaya-bab-1.html
Untuk menggunakan emoticon ini, COPAS kode ke kotak komentar.
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i:
:j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r:
:s: :t: :u: :v: :w: :x: :y: :z: :ab:

0komentar:

Posting Komentar

Harus Komentar!!